Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kepulauan Meranti Gelar Apel Memperingati HUT RI Ke-74

Bawaslu Kepulauan Meranti Gelar Apel Memperingati HUT RI Ke-74

Selatpanjang - Seluruh pimpinan beserta segenap jajaran Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti, Sabtu (17/8) sekitar pukul 08.00 menggelar kegiatan Apel Memperingati HUT RI Ke-74 . Apel yang berlangsung dalam suasana penuh hidmat itu, dilaksanakan di halaman kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti, Jl. Pembangunan 1, Selatpanjang.

Apel peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI ini dipimpin langsung Pimpinan Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti Romi Indra. Karena Ketua Bawaslu sedang Dinas Luarpada hari itu. Selain dihadiri Koordinator Sekretariat Eri Gunawan serta seluruh staf Sekretariat Bawaslu Kepulauan Meranti, turut hadir juga pimpinan Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti lainnya, yakni Mohammad Zaki.

Pimpinan Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti Romi Indra saat menyampaikan amanat tertulis Ketua Bawaslu RI, Abhan, menegaskan, bahwa Bawaslu sebagai lembaga pengawas Pemilu merupakan bagian penting dari perjalanan demokrasi bangsa. Meskipun kehadiran Bawaslu baru dimulai 11 tahun yang lalu, namun semangat untuk memimpin dan mengawasi pemungutan suara (Pemilu, red) sebagaimana pernah disampaikan Presiden Republik Indonesia pertama, Ir Sukarno, perlu dibangun dalam satu organisasi yang kuat dan mandiri.

“Saya ingin mengajak kita semua meneguhkan semangat pendiri bangsa Indonesia, bahwa pengawasan Pemilihan Umum merupakan amanah luhur dalam mengawal demokrasi yang maju bagi bangsa Indonesia,” sebut Romi Indra sebagaimana amanat tertulis Ketua Bawaslu RI, Abhan.

Selanjutnya dikatakan, bahwa organisasi pengawas Pemilu membutuhkan sumber daya manusia yang unggul. Sumber daya manusia dari jajaran pimpinan sekretariat Bawaslu yang berintegritas dan profesional. Dan mengutip pesan dari Proklamator RI, Muhammad Hatta, bahwa “Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur itu sulit diperbaiki.”

Dari pesan tersebut, maka dapat direnungkan jika Bawaslu harus diisi dan dikembangkan oleh orang-orang yang jujur, berintegritas dan profesional dalam perannya memajukan demokrasi bangsa Indonesia.

Begitu juga tantangan berikut bagi Bawaslu di daerah, yakni dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020, maka agenda demokrasi ini tidak kalah besar bagi bangsa Indonesia. Tercatat sebanyak 270 pemilihan kepala daerah akan serentak diselenggarakan tahun depan. Oleh sebab itu, tantangan ini diharapkan tidak boleh menjadi aral dan melemahkan semangat bagi jajaran pengawas Pemilu di daerah dalam mengawal dan mengawasi proses penyelenggaraannya.

Usai meneyelenggarakan apel memperingati HUT RI ke-74 di lingkungan Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti dan segenap pimpinan dan seluruh jajaran kesekretariatan tampak bersalam-salaman. Bahkan sesi foto bersama juga turut mewarnai apel peringatan yang diikuti dengan penuh semangat kemerdekaan itu.

Setelah selesai Apel dan Foto besama selanjutnya Pimpinan berserta Koordinator Sektariat Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti menghadiri undangan upacara HUT RI ke-74 di halaman Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti.