Lompat ke isi utama

Berita

Menyongsong 1 Tahun Pemilu 2024 Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti Gelar Apel Siaga Pengawasan, Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Sekaligus Deklarasi Pemilu Damai 2024

Menyongsong 1 Tahun Pemilu 2024 Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti Gelar Apel Siaga Pengawasan, Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Sekaligus Deklarasi Pemilu Damai 2024

Selatpanjang - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar apel siaga pengawasan satu tahun menuju Pemilu serentak 2024, sebagai langkah awal mengawasi proses tahapan pemilu.

Apel siaga tersebut diikuti oleh Ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti, Koordinator Sekretariat dan Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti, Seluruh Panwaslu Kecamatan beserta Staf se-Kabupaten Kepulauan Meranti.

Bertempat di halaman Kantor Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti yang bertindak sebagai pembina apel siaga pengawasan tersebut yaitu Bapak Amirudin Sijaya, S.Pd., MM, Anggota Bawaslu Provinsi Riau Koordinator Divisi Pencegahan, Humas dan Parmas. (14/2/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan Pemilu serentak tahun 2024 berjalan lancar damai dan berintegritas.

Dalam kesempatan apel siaga itu Amirudin Sijaya menyampaikan bahwa saat ini kita sampai pada tahapan verifikasi faktual calon perseorangan DPD, juga berbarengan dengan tahapan pencoklitan dan penelitian untuk pemutakhiran daftar pemilih yang saat ini sedang dilakukan oleh KPU dan jajarannya, kita sebagai pengawas harus siap melakukan pengawasan secara melekat, jaga kesehatan dan laksanakan amanah dengan penuh tanggung jawab.

Setelah kegiatan apel siaga, dilanjutkan dengan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Serta Kesiap Siagaan Pengawasan Pemilu Menyongsong Satu Tahun Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 Sekaligus Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2024 dan soft louching program Nasional "Jarimu Awasi Pemilu" sebagai wadah bagi komunitas digital untuk pengawasan Partisipatif bagi lembaga maupun masyarakat Indonesia di Ballroom Grand Meranti Hotel.

Hadir Dalam Kegiatan tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti Syamsurizal, Anggota Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti Mohammad Zaki, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Provinsi Riau, Amiruddin Sijaya, Bupati Kepulauan Meranti yang diwakili oleh Asisten III, Sudandri, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG, Ketua KPUD Meranti, Abu Hamid, Kajari Meranti diwakili oleh Kasi Pidum Okky Fathoni, Danramil Tebingtinggi yang diwakili oleh Lettu (Inf) Ucok, Ketua PCNU Meranti, Ramlan Abdullah, Ketua GP Ansor Meranti, Shodiq serta pihak terkait lainnya.

Syamsurizal, mengajak semua pihak terkait untuk bersama-sama menjaga kualitas demokrasi melalui Pemilu serentak pada tahun 2024, Berbagai aspek yang dilakukan Bawaslu, merupakan ikhtiar sebagai upaya menjaga kualitas demokrasi melalui Pemilu dapat berjalan dengan luber dan jurdil.

"Dalam rangka optimalisasi tindakan pencegahan, Bawaslu membangun sistem laporan hasil pencegahan yang tersinkronisasi di setiap tingkatan," lanjutnya.

Syamsurizal berharap dengan sinergi antara Bawaslu dan semua pihak terkait, Pemilu serentak pada tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman. "Kami siap memastikan Pemilu tahun 2024 menjadi pemilu yang berkualitas dan bermartabat," tandasnya.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Provinsi Riau, Amiruddin Sijaya, menyatakan bahwa pengawasan Pemilu partisipatif bertujuan untuk memastikan masyarakat dapat melakukan pengawasan selama tahapan Pemilu ke depan.

Amirudin mengajak seluruh pihak untuk menghargai perbedaan pilihan politik dan menolak segala bentuk intimidasi, kekerasan, atau tindakan lain yang dapat memicu konflik.

"Mari kita jadikan Pemilu tahun 2024 sebagai momentum memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Amiruddin.

Asisten III Setdakab yang mewakili Bupati Kepulauan Meranti, Sudandri, menegaskan pentingnya kesiapan fisik dan mental dalam menghadapi Pemilu 2024

"Saudara-saudari semua harus menyiapkan kesehatan fisik maupun mental, mengingat pelaksanaan tahapan demi tahapan akan sangat menguras tenaga, baik fisik maupun mental," ujarnya.

Polres Kepulauan Meranti, Riau siap mengamankan Pemilu 2024 dan terciptanya penyelenggaraan yang sukses, aman dan damai. Demikian ditegaskan Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG pada sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dan deklarasi damai pemilu tahun 2024 di Selatpanjang. Dalam menjalankan tugasnya, tambahnya, Polri akan melakukan penegakan hukum terpadu untuk penyidikan yang dilaporkan kepada Polri melalui Bawaslu, Panwascam, dan PKD sesuai dengan UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Kapolres juga mengimbau peserta pemilu untuk menjaga sikap netral dan harmonisasi meski berbeda pandangan.

"Kami mengharapkan kerjasama dan sinergitas di setiap elemen untuk menyukseskan Pemilu 2024 yang kondusif," tambahnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pembacaan dan penandatanganan deklarasi Pemilu damai dan berintegritas tahun 2024.**