Lompat ke isi utama

Berita

Memantapkan Kesiapan Mengawal Demokrasi Pemilu 2024, Bawaslu Kepulauan Meranti Tandatangani MoA dengan UMRI

Memantapkan Kesiapan Mengawal Demokrasi Pemilu 2024, Bawaslu Kepulauan Meranti Tandatangani MoA dengan UMRI

Pekanbaru - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Meranti kembali Tandatangani MoA dengan Perguruan Tinggi, kali ini dengan salah satu perguruan tinggi di Riau yaitu Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) di Pekanbaru, Selasa, (16/05/223)

Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) ini bertujuan memaksimalkan peran lembaga perguruan tinggi dalam mengawal proses pelaksanaan pemilu 2024 agar tercipta Pemilu yang berintegritas, bermartabat dan berkeadaban sesuai dengan Tema dalam kegiatan Penandatangan perjanjian tersebut yaitu "Mengawal Pemilu 2024 yang berkeadaban".

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Rektor UMRI yaitu Dr. H. Saidul Amin, MA beliau menyampaikan bahwa Universitas Muhammadiyah Riau sangat berbahagia sekali akan ditandatangani MoA ini nanti, dan itu sesuatu yang harus dipercepat dan tidak ditunda-tunda.

"Kami Universitas Muhammadiyah Riau sangat berbahagia sekali akan ditandatangani MoA ini, bagi kami sudah waktunya hal baik ini di segerakan, MoA bukan hanya kewajiban, tapi juga merupakan keharusan, karena Bawaslu ini ada orang-orang istimewa, menjadi Bawaslu ini akan banyak menerima ujian, rintangan dan cobaan, oleh sebab itu atas nama Rektor dan atas nama keluarga besar civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau tidak hanya ingin berdiri dimenara gading, namun akan tetap terus membantu Bawaslu, dan semoga akan terus menjadi mitra Bawaslu, baik Bawaslu Provinsi maupun Bawaslu Kabupaten/Kota dalam keadaan susah maupun senang" Tutur H Saidul Amin.

Selanjutnya sambutan dari Ketua Bawaslu Provinsi Riau Bapak Alnofrizal, M.Ikom, beliau berharap dengan adanya penandatanganan kerjasama ini dapat membangun pengawasan partisipatif dan bisa berjalan dengan baik, karena dengan ada kerjasama itu akan banyak yang bisa dilakukan, sperti KKN Mahasiswa dan Penelitian-penelitian.

"Saya berharap dengan adanya penandatanganan perjanjian kerjasama ini dapat membangun pengawasan partisipatif dan agar bisa berjalan dengan baik, karena dengan adanya kerjasama ini akan banyak yang bisa kita lakukan, seperti KKN Mahasiswa dan Penelitian-penelitian, dan dengan perjanjian kerjasama ini kita dapat mewujudkan pemilu yang jujur dan adil seperti tagline Bawaslu yaitu "Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu". Tutup Alnofrizal.

Selanjutnya sesi penandatanganan MoU terlebih dahulu antara Bawaslu Provinsi Riau dan dilanjutkan Penandatanganan MoA oleh Bawaslu Kepulauan Meranti dan Kabupaten/Kota lainnya.
Bawaslu Kepulauan Meranti yang dihadiri oleh Ketua yaitu Syamsurizal, S.IP. (Kordiv Organisasi, SDM, Diklat dan Datin) dan Anggota yaitu Mohammad Zaki, S.Pd (Kordiv. Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas).

Syamsurizal menyampaikan penandatanganan kerjasama ini sebagai wujud nyata kita dalam mengawal pemilu 2024 yang tahapannya sudah berjalan ini, perjanjian kerjasama antara pihaknya bersama pihak UMRI adalah wujud kesadaran kedua belah pihak dalam peningkatan pengawasan partisipatif masyarakat, Peningkatan Pendidikan Politik maupun Penegakan Hukum Pemilu yang selalu kita melibatkan Para Ahli.

Selanjutnya Mohammad Zaki juga menyampaikan Kerjasama ini sebagai upaya kita dalam memaksimalkan pengawasan partisipatif, dibutuhkan kolaborasi yang kuat antara Bawaslu dan perguruan tinggi dalam mengawal jalannya pemilu serentak tahun 2024.
Semoga dengan telah dilaksanakan MoA ini ada pertukaran ide dan gagasan terutama dalam membangun kesadaran politik masyarakat.
Dengan melibatkan partisipasi banyak pihak dalam mengawasi jalannya pemilu, maka pemilu yang diharapkan nanti bukan hanya sekedar menjalankan teknis dan prosedur tetapi juga dituntun dengan prinsip-prinsip moral.

#HumasBawasluMeranti