Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Di Selat Panjang.

Bawaslu Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Di Selat Panjang.

Bawaslu Riau-Selat Panjang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau, menggelar Bimbingan Teknis Administrasi dan Pengelolaan Keuangan Tahun 2022, di Grand Hotel Meranti, Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu (23/11/2022).

Akuntabilitas merupakan bentuk kewajiban suatu instansi dalam mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Oleh karena itu, baik Bawaslu Provinsi maupun Bawaslu Kabupaten/Kota harus memahami dan mengetahui perkembangan informasi dan regulasi terkait pengelolaan keuangan. Terlebih di akhir akhir Tahun ini, sudah semestinya Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota mempersiapkan setiap pertanggungjawaban pengelolaan dan pelaksanaan keuangan negara.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, Peraturan Bawaslu Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, dan Sekretariat Panwascam, serta Surat Keputusan Sekretariat Jenderal Bawaslu Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan di Lingkungan Bawaslu, Bawaslu Provinsi menggelar Bimbingan Teknis Administrasi dan Pengelolaan Keuangan Tahun 2022 yang bertajuk langkah-langkah dalam menghadapi akhir Tahun anggaran 2022.

Kegiatan dibuka langsung oleh Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan (SDMO Diklat) Bawaslu Riau, Hasan, M.Si dengan didampingi Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti, Syamsurizal, S.IP., M.IP, dan Plt. Kepala Bagian Administrasi, Elvina Armista, S.E.

Selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Meranti, Syamsurizal menyampaikan ucapan Terimakasih dan Selamat Datang kepada seluruh peserta, serta ucapan Terima kasih kepada Bawaslu Provinsi yang menunjuk Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai tuan rumah pada kegiatan Bimtek saat ini. Selain itu, kepada seluruh peserta, Syamsurizal juga menyampaikan selamat menikmati keindahan kota sagu (Selat Panjang), selamat menikmati berbagai macam kuliner khas meranti serta tempat indah lainnya yang ada di kepulauan meranti.

Lanjut, Syamsurizal juga memohon maaf kepada seluruh peserta jika dalam penyambutan maupun pelayanan yang kurang pas atau kurang nyaman, karena minimnya staf Kabupaten Meranti sehingga tidak dapat menjamu dan melayani satu persatu peserta dari Kabupaten Kota yang hadir

"Selamat Datang dan Terima Kasih kepada Bawaslu Provinsi, yang telah memilih Selat Panjang sebagai tuan rumah pada kegiatan Bimtek kali ini. Kami selalu tuan rumah memohon maaf jika dalam penyambutan maupun pelayanan kami ada yang kurang pas pada tempatnya, karena terbatasnya personil staf kami." Ucap Syam.

Dalam kesempatan yang sama, Hasan menginformasikan bahwa penyerapan anggaran khususnya di Bawaslu Kabupaten/Kota masih rendah sehingga perlu adanya upaya-upaya percepatan dalam perwujudan program-program yang telah direncanakan.

Lanjut, Hasan mengungkapkan bahwa pertanggal 23 November 2022 berdasarkan aplikasi keuangan, persentase realisasi anggaran Bawaslu Kabupaten Kota terendah berada di Kota Pekanbaru dengan jumlah persentase sebesar 52,35 persen. Sedangkan persentase realisasi tertinggi berada di Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti dengan besar persentase 60,88 persen.

"Berdasarkan rekap yang saya terima dari aplikasi keuangan Bawaslu Kabupaten Kota, penyerapan anggaran tertinggi pertanggal 23 November 2022 berada di Kabupaten Meranti sebesar 60,88 persen, sedangkan terendah adaa di Kota Pekanbaru sebesar 52,35 persen." jelasnya.

Hasan berharap realisasi anggaran Bawaslu Kabupaten Kota dapat maksimal dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Saya harap Bapak Ibu anggota Bawaslu bersama dengan Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kota dapat berkoordinasi guna meningkatkan realisasi anggaran yang dapat dipeetanggungjawabkan." harapnya.

Penulis: Alfian