Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Meranti Awasi Verifikasi Faktual Kepengurusan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)

Bawaslu Meranti Awasi Verifikasi Faktual Kepengurusan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)

Bawaslu Kepulauan Meranti mengawasi verifikasi faktual kepengurusan partai politik yang dilakukan oleh KPU Meranti, partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan Parpol yang pertama di verifikasi kepengurusannya, sesuai dengan jadwal yang diagendakan KPU Meranti, Minggu (16/10/2022).

Berdasarkan PKPU 4 tahun 2022 dan surat dinas KPU RI Verifikasi Faktual Kepengurusan dan keanggotaan partai politik tingkat kabupaten/kota dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober sampai dengan 4 November 2022. Turut hadir dalam melakukan pengawasan Komisioner Bawaslu Kepulauan Meranti Romi Indra, Mohammad Zaki dan staf Bawaslu Meranti.

Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Romi Indra mengatakan Bawaslu Meranti akan mengawasi proses verifikasi faktual kepengurusan meliputi pengurus, kantor tetap, memperhatikan keterwakilan perempuan 30% dan verifikasi faktual keanggotaan. Bawaslu memastikan agar KPU Meranti bekerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Bawaslu sudah membentuk tim untuk melakukan pengawasan baik verifikasi faktual kepengurusan maupun keanggotaan. Terhadap keanggotaan nantinya KPU Meranti akan mencocokkan sampel anggota Partai Politik yang diturunkan oleh KPU RI, KPU RI menggunakan metode Krejcie dan Morgan serta metode pengambilan sampel sistematis. Daftar sampel anggota parpol akan ditemui tim verifikator KPU Meranti dan dicocokkan dengan KTA dan KTP el/ KK nya dengan keanggotaan partai politik yang di input di Sipol (sistem informasi partai politik). Ujar Romi.

Untuk diketahui di Meranti terdapat 8 Partai Politik yang akan dilakukan verifikasi faktual yaitu Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Gelora, Partai Ummat, Partai Garuda, Partai Perindo, Partai Bulan Bintang, Partai Hanura dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Turut Hadir Tim Verifikator KPU Meranti Komisioner KPU Meranti, Herwan, Katmuji, Anwar Basri, Hanafi dan Staf. Partai Politik Kebangkitan Nusantara Kabupaten Kepulauan Meranti, dengan susunan pengurus Ketua Arlen, Sekretaris Syafriwal dan Marlinda sebagai bendahara.*