Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kepulauan Meranti, Polres Kepulauan Meranti dan Kejaksaan Negeri Kepulauan Meranti Berkolaborasi Dalam Satu Wadah yaitu GAKKUMDU

Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal, S.IP., M.IP dan Kapolres Kepulauan Meranti Kurnia Setyawan, S.H, S.IK

Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal, S.IP., M.IP dan Kapolres Kepulauan Meranti Kurnia Setyawan, S.H, S.IK

BAWASLU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI, Medan - Sumatera Utara. #SahabatBawaslu, Sentra Penegakan Hukum Terpadu selanjutnya disebut Gakkumdu adalah pusat aktivitas penegakan hukum tindak pidana Pemilu yang terdiri dari unsur Badan Pengawas Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi, dan/atau Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kepolisian Daerah, dan/atau Kepolisian Resor, dan Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Kejaksaan Tinggi dan/atau Kejaksaan Negeri.

Oleh sebab itu, Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal, S.IP, M.IP dan Anggota Bawaslu Kepulauan Meranti M. Hafit, S.Sos menghadiri dan mengikuti Forum Kolaborasi Sentra Gakkumdu di Adimulia Hotel, Kota Medan yang dilaksanakan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia. (9/7/24)

Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada 27 November 2024 mendatang penyelenggaraan Pilkada Serentak di lakukan di 545 daerah, 508 Kabupaten/Kota, dan 37 Provinsi.

Untuk itu Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menekankan tiga langkah kolaborasi Sentra Gakkumdu yang dapat dioptimalkan pada pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024.

"Pertama kolaborasi internal antara anggota Sentra Gakkumdu dalam hal ini adalah Bawaslu, Polri, dan Kejaksaan, Kedua kolaborasi vertikal antara Sentra Gakkumdu pusat dengan Sentra Gakkumdu daerah dan Ketiga kolaborasi Sentra Gakkumdu dengan Kementerian dan lembaga lainnya yang dapat mengoptimalkan pencegahan, pengawasan, dan penindakan tindak pidana Pilkada." Jelas Hadi

Kegiatan tersebut dikuti oleh jajaran Bawaslu , Kepolisian dan Kejaksaan. Dan Tiga narasumber yang hadir Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Jampidum Nana Mulyana, dan Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri.

#SalamAwas

Humas Bawaslu Meranti

Penulis : Hendra

Editor : M. Idris